BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Pembelajaran
Bahasa Indonesia yang menekankan pada tata dan aturan yang ada. Seperti dalam
empat aspek berbahasa yang harus dibelajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, yakni: menyimak, berbicara,
membaca, dan menulis. Pembelajaran keempat aspek tersebut menekankan pada
keterampilan berbahasa, bukan pada pengetahuan berbahasa. Dengan demikian, para
guru harus mengubah pendekatan dan strategi pembelajarannya sehingga peserta
didik mampu mengimpelementasikan
keterampilan berbahasa yang mereka dapatkan dalam pembelajaran.
Keterampilan
berbahasa memiliki peranan penting dalam upaya mengembangkan generasi yang
kritis, cerdas, kreatif dan berbudaya. Dengan menguasai keterampilan berbahasa,
peserta didik akan mampu mengekspresikan pemikirannya secara cerdas dan tepat.
Peserta
didik di Kelas IVA SDN Babakan 04 mengalami kesulitan dalam memahami suatu teks
atau wacana serta dan mengungkapkan ide secara lisan maupun tertulis yang
kemudian berdampak pada rendahnya motivasi belajar peserta didik. Untuk itu
diperlukan cara yang tepat untuk mengatasi itu.
Sebagai salah satu
cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui
penerapan pendekatan SAVI. Pendekatan
ini secara tidak langsung akan melatih keterampilan menulis, membaca, menyimak
dan berbicara peserta didik sehingga dapat pula meningkatkan hasil belajar
peserta didik.
Dalam hal ini peneliti sekaligus guru
akan merubah paradigma baru dalam proses
pembelajaran dengan menggunakan inovasi baru yaitu dengan pendekatan SAVI.
Berdasarkan uraian tersebut, saya
sebagai guru memandang perlu dilakukan penelitian tindakan kelas (action reserch) tentang peningkatan
hasil belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan SAVI pada siswa kelas IV SDN
Babakan 04.
B.
Identifikasi
Masalah
Berdasarkan latar
belakang masalah di atas dapat diidentifikasikan beberapa masalah sebagai
berikut :
- Peserta
didik kelas IV di SDN Babakan 04 kesulitan mengemukakan komunikasi secara
lisan, sehinggga kemandirian siswa kurang.
- Hasil
belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas IV di SDN Babakan 04 masih di
bawah KKM.
- Minat
Peserta didik kelas IV di SDN Babakan 04 terhadap pembelajaran Bahasa
Indonesia masih rendah.
- Upaya guru yang dilakukan untuk
meningkatkan motivasi belajar belum maksimal.
C.
Pembatasan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, masalah
ini dibatasi menjadi : “Peningkatan
Motivasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui pendekatan SAVI pada Siswa kelas IV
di SDN Babakan 04”.
D.
Perumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, maka
dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut : “Apakah melalui pendekatan SAVI dapat meningkatkan motivasi belajar
bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN Babakan 04?”.
E.
Tujuan
Penelitian
Penelitian
Tindakan kelas ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empiris tentang:
1. Karakteristik
pendekatan SAVI,
2. Motivasi
belajar peserta didik,
3. Bagaimana
proses pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI,
4. Seberapa
besar pengaruh pendekatan SAVI dalam
peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa
kelas IV di SDN babakan 04.
F.
Manfaat
Penelitian
Dari
paparan tujuan penelitian di atas,
manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah:
1.
Bagi Siswa,
Dapat
menumbuhkembangkan rasa percaya diri dan berani dalam mengemukakan ide serta
meningkatkan keterampilan berbahasa, diantaranya menyimak, menulis, membaca dan
berbicara.
2.
Bagi Guru,
Mendapat
wawasan dan mendapatkan pengalaman baru, serta menumbuhkembangkan kepekaan
terhadap harapan dan kebutuhan peserta didik agar mampu menentukan langkah
penanganannya.
3.
Bagi sekolah,
Meningkatkan kualitas daya guru dalam proses pembelajaran, dan sebagai
bahan acuan dan perbandingan dalam upaya meningkatkan kualitas peserta didik
sehingga mencapai tujuan
intruksional yang sesuai dengan kurikulum nasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar