Sabtu, 05 Januari 2013

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN SAVI PADA SISWA KELAS IV SDN BABAKAN 04


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang menekankan pada tata dan aturan yang ada. Seperti dalam empat aspek berbahasa yang harus dibelajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, yakni: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pembelajaran keempat aspek tersebut menekankan pada keterampilan berbahasa, bukan pada pengetahuan berbahasa. Dengan demikian, para guru harus mengubah pendekatan dan strategi pembelajarannya sehingga peserta didik mampu  mengimpelementasikan keterampilan berbahasa yang mereka dapatkan dalam pembelajaran.
Keterampilan berbahasa memiliki peranan penting dalam upaya mengembangkan generasi yang kritis, cerdas, kreatif dan berbudaya. Dengan menguasai keterampilan berbahasa, peserta didik akan mampu mengekspresikan pemikirannya secara cerdas dan tepat.
Peserta didik di Kelas IVA SDN Babakan 04 mengalami kesulitan dalam memahami suatu teks atau wacana serta dan mengungkapkan ide secara lisan maupun tertulis yang kemudian berdampak pada rendahnya motivasi belajar peserta didik. Untuk itu diperlukan cara yang tepat untuk mengatasi itu.
Sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui penerapan pendekatan SAVI.  Pendekatan ini secara tidak langsung akan melatih keterampilan menulis, membaca, menyimak dan berbicara peserta didik sehingga dapat pula meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Dalam hal ini peneliti sekaligus guru akan merubah paradigma baru dalam  proses pembelajaran dengan menggunakan inovasi baru yaitu dengan pendekatan SAVI.
Berdasarkan uraian tersebut, saya sebagai guru memandang perlu dilakukan penelitian tindakan kelas (action reserch) tentang peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui pendekatan SAVI pada  siswa kelas IV SDN Babakan 04.

B.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas dapat diidentifikasikan beberapa masalah sebagai berikut :
  1. Peserta didik kelas IV di SDN Babakan 04 kesulitan mengemukakan komunikasi secara lisan, sehinggga kemandirian siswa kurang.
  2. Hasil belajar Bahasa Indonesia Peserta didik kelas IV di SDN Babakan 04 masih di bawah KKM.
  3. Minat Peserta didik kelas IV di SDN Babakan 04 terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah.
  4. Upaya guru yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar belum maksimal.

C.      Pembatasan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, masalah ini dibatasi menjadi : “Peningkatan Motivasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui pendekatan SAVI pada Siswa kelas IV di SDN Babakan 04”.

D.      Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya sebagai berikut : “Apakah melalui pendekatan SAVI dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas IV di SDN Babakan 04?”.

E.       Tujuan Penelitian
Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empiris tentang:
1.      Karakteristik pendekatan SAVI,
2.      Motivasi belajar peserta didik,
3.      Bagaimana proses pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI,
4.      Seberapa besar pengaruh pendekatan SAVI dalam peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN babakan 04.


F.       Manfaat Penelitian
Dari paparan tujuan penelitian di atas,  manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian tindakan kelas ini adalah:
1.      Bagi Siswa,
Dapat menumbuhkembangkan rasa percaya diri dan berani dalam mengemukakan ide serta meningkatkan keterampilan berbahasa, diantaranya menyimak, menulis, membaca dan berbicara.
2.      Bagi Guru,
Mendapat wawasan dan mendapatkan pengalaman baru, serta menumbuhkembangkan kepekaan terhadap harapan dan kebutuhan peserta didik agar mampu menentukan langkah penanganannya.
3.      Bagi sekolah,
  Meningkatkan kualitas daya guru dalam proses pembelajaran, dan sebagai bahan acuan dan perbandingan dalam upaya meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mencapai tujuan intruksional yang sesuai dengan kurikulum nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar