Jumat, 04 April 2014

Motivasi Belajar



b.      Pengertian Motivasi Belajar
Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal ini mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Indikator motivasi belajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut: [1]
1.     Adanya hasrat dan keinginan berhasil,
2.     Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar,
3.     Adanya harapan dan cita-cita masa depan,
4.     Adanya penghargaan dalam belajar,
5.     Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar, dan
6.     Adanya lingkungan belajar yang kondusif, sehingga memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik.
Berkaitan dengan proses belajar siswa, Linda S. Lumsden  berpendapat motivasi belajar sangatlah diperlukan. Diyakini bahwa hasil belajar akan meningkat kalau siswa mempunyai motivasi belajar yang kuat. Motivasi belajar adalah keinginan siswa untuk mengambil bagian di dalam proses pembelajaran.
Menurut Marx Lepper,siswa pada dasarnya termotivasi untuk melakukan suatu aktivitas untuk dirinya sendiri karena ingin mendapatkan kesenangan dari pelajaran, atau merasa kebutuhannya terpenuhi.
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan.[2]



c.       Upaya-Upaya Memotivasi dalam Belajar
Ali Imron  mengemukakan empat upaya yang dapat dilakukan oleh guru guna meningkatkan motivasi belajar pembelajar. Empat cara tersebut adalah sebagai berikut : [3]
1.     Mengoptimalkan penerapan prinsip-prinsip belajar,
2.     Mengoptimalkan unsur-unsur dinamis pembelajaran,
3.     Mengoptimalkan pemanfaatan upaya guru dalam membelajarkan pembelajar juga menjadi faktor yang mempengaruhi motivasi,
4.     Mengembangkan aspirasi dalam belajar.

d.      Fungsi Motivasi dalam Belajar
Motivasi mempunyai fungsi yang Sangat penting dalam suatu kegiatan, terutama dalam kegiatan belajar. Rosjidan dkk, mengatakan fungsi motivasi dalam belajar adalah:[4]
1.   Mendorong manusia untuk berbuat, sebagai penggerak atau motor yang melepaskan energi. Motivasi dalam hal ini merupakan motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.
2.   Menentukan arah perbuatan, yaitu ke arah tujuan yang ingin di capai.
3.   Menyeleksi perbuatan, yaitu menentukan perbuatan-perbuatan yang harus dijalankan yang  berguna mencapai tujuan dengan mengesampingkan perbuatan-perbuatan yang tidak bermanfaat bagi tujuan itu.
Seseorang melakukan usaha karena adanya motivasi. Adanya motivasi yang baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik. Dengan adanya usaha yang tekun dan didasari adanya motivasi, maka seseorang yang belajar akan melahirkan prestasi yang baik. Intensitas motivasi seseorang siswa sangat menentukan tingkat pencapaian prestasi belajarnya. Menurut Sardiman fungsi motivasi dalam belajar adalah mendorong manusia untuk berbuat, menentukan arah perbuatan, menyeleksi perbuatan, pendorong usaha dalam pencapaian prestasi.




[1] Hamzah B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara. 2008. Hlmn. 23
[2]Tugas Kampus. Motivasi Belajar. (http://tkampus.blogspot.com/2012/01/motivasi-belajar.html) diakses pada 24 Maret 2013
[3] Eveline. Op. Cit. Hlmn. 55
[4]Eveline. Loc. Cit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar